Dec 6, 2010

OUTBOUND TRAINING : tren atau kebutuhan? (2)

Pada edisi yang lalu, telah dipaparkan bahwa sebuah pelatihan dalam rangka pengembangan keterampilan, sikap dan pengetahuan seseorang dalam organisasi tidak bisa dilakukan atas dasar kecenderungan/tren. Langkah penting yang harus dilakukan adalah merancang terlebih dahulu desain pelatihan yang dimaksud. Desain pelatihan secara ringkas terdiri dari beberapa bagian, yaitu:
1.Analisa kebutuhan pelatihan
2.Menentukan tujuan pelatihan
3.Memastikan kesiapan peserta
4.Menciptakan suatu lingkungan belajar
5.Mengorganisasikan materi pelatihan
6.Memilih metode pelatihan
7.Mengevaluasi program pelatihan
Di antara bagian dari desain pelatihan di atas, bagian analisa kebutuhan pelatihan adalah yang paling menentukan. Dalam analisa kebutuhan pelatihan, terdapat tiga (3) isu penting yang perlu mendapat kajian yang benar-benar serius. Isu yang pertama adalah, apakah pelatihan yang ingin dilakukan tersebut telah menjadi kebutuhan pada level organsasi/perusahaan? Untuk menjawab pertanyaan itu perlu diperhatikan: arah strategi perusahaan (sangat tergantung pada strategi bisnis yang sedang dijalankan, seperti concentration strategy, internal growth strategy, external growth strategy atau deinvesment strategy), adanya dukungan dari level manajer, dan tersedianya sumber daya untuk mendukung. Bersambung…

Yulius Y. Ranimpi, M.Si, Psikolog


0 comments:

Post a Comment

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Bluehost Coupons